Berikut 10 Jenis Sambal Khas Indonesia Bikin Makan Nambah Terus

Amar
Senin, 4 Mei 2020 12:10:31
sambal ulek - Shutterstock.

KANALSUMATERA.com - Buat orang Indonesia, sambal itu pelengkap makan. Seperti ada yang kurang kalau makanan kita nggak pakai sambal, entah itu makan mi, bakso, pempek, atau sesederhana makan nasi dan tempe. Sambal wajib ada menemani.

Uniknya sambal, meski terasa pedas di lidah, tapi bikin ketagihan. Tak jarang, gara-gara sambal enak, kamu jadi kepingin nambah nasi terus.

Indonesia sendiri punya banyak sambal khas dari berbagai daerah. Tak sekadar pedas, tapi masing-masing punya citarasa khas tersendiri. Buat kamu yang mengaku pecinta pedas, ini dia 10 jenis sambal populer asli Indonesia.

1. Sambal terasi

Rasanya, tak ada yang tak kenal dengan sambal terasi. Sambal favorit semua orang Indonesia ini punya ciri khas pada aroma dan rasanya, berkat tambahan terasi, bumbu masak yang terbuat dari ikan yang difermentasi. Aneka masakan Sunda, seperti lalapan, sayur asem, dan ayam goreng, cocok ditemani dengan sambal terasi.

2. Sambal dabu-dabu

Sambal ini kerap menyertai masakan Manado. Sambal yang dibuat mentah ini gampang banget dibuatnya, karena kamu cukup mengiris bahan-bahan pembuat sambal, yaitu cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, dan tomat. Jangan lupa tambahkan garam dan perasan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu pun siap menemani santapan seafood bakarmu.

3. Sambal kecap

Mirip dengan sambal dabu-dabu, sambal kecap juga terbuat dari bahan-bahan mentah yang diiris dan disiram kecap, yaitu cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan tomat. Sambal kecap nikmat untuk menemani santapan seperti ikan bakar, ayam bakar, atau tempe mendoan.

4. Sambal mangga

Sambal ini cukup unik, karena selain cabai, menggunakan bahan baku mangga muda yang asam manis. Sambal mangga biasanya disajikan bersama aneka sajian bakar-bakaran s,eperti ikan bakar atau udang bakar.

5. Sambal pecel

Seperti namanya, sambal pecel menjadi pelengkap kuliner pecel. Bahan bakunya adalah kacang tanah, cabai, dan bumbu. Selain jadi pelengkap pecel, sambal ini juga bisa dijadikan pelengkap untuk menu lainnya, seperti gado-gado, dan aneka gorengan.

6. Sambal matah

Sambal matah sangat dikenal di Bali. Mirip seperti sambal dabu-dabu, sambal matah menggunakan bahan-bahan mentah seperti cabai, bawang merah, serai, dan daun jeruk, yang kemudian ditambahkan minyak kelapa dan jeruk nipis. Sambal matah biasa menemani aneka sajian khas Bali, seperti satai lilit.

7. Sambal ikan roa

Seperti namanya, sambal ini terbuat dari campuran cabai dan ikan roa asap yang banyak ditemui di Manado. Tak hanya cocok disandingkan dengan kuliner Manado, sambal ikan roa juga cocok disantap dengan aneka makanan berkat rasanya yang khas.

8. Sambal bajak

Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, sambal bajak bisa jadi pilihan. Sambal yang berasal dari Jawa Tengah ini punya rasa pedas manis, dan kerap dijadikan cocolan untuk aneka gorengan di berbagai daerah Jawa Tengah. Sambal bajak juga menjadi pendamping untuk berbagai masakah khas Jawa Tengah.

9. Sambal Cabe Ijo

Kamu pasti akan menemui sambal cabe ijo di setiap rumah makan Padang. Sambal ini memang paling cocok disandingkan dengan aneka masakan bersantan. Cocok juga buat kamu yang tidak suka pedas.

10. Sambal bawang

Perpaduan cabai merah dan dua jenis bawang (bawang merah dan bawang putih) di sambal ini memberikan cita rasa yang nikmat. Sambal ini paling enak disantap bersama ayam goreng atau ayam bakar, aneka masakan daging, atau sekadar telur dadar. Sambal bawang termasuk jenis sambal yang pedas. Meski begitu, pedasnya benar-benar bikin nagih dan membuat kamu kepingin nambah nasi.

Nah, di antara sekian banyak jenis sambal khas Indonesia di atas yang dimuat suara.com, yang mana sambal favorit kamu? Pastikan kamu selalu sedia stok sambal favorit di rumah ya, terutama di masa social distancing seperti ini, ketika kamu harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa belanja online di . Kamu tinggal pilih jenis sambal kesukaanmu, dan nantinya sambal akan dikirim langsung ke rumahmu.sc/ks

Lainnya
Imbas Kabut Asap, Taman Bunga Impian Minim Pengunjung
Imbas Kabut Asap, Taman Bunga Impian Minim Pengunjung
Kue Talam Durian Masuk Nominasi API 2019, Kadisbudpar P
Gowes to Sunset Batam
Wisata Halal jadi Produk Unggulan Aceh
Entertainment
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Ustadz Abdul Somad di Medan: Ngeri-ngeri Sedap Juga Kur
Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Apresiasi Pelaya
Fokus Redaksi
Soal Ujian SD di Solok Dinilai Lecehkan Nabi Muhammad, Polisi Periksa Semua Pihak
Soal Ujian SD di Solok Dinilai Lecehkan Nabi Muhammad, Polisi Periksa Semua Pihak
Pedagang Makanan dan Obat Ilegal di Situs Online Ogah C
Lahan Terbakar di Bintan Hanguskan Rumah Sekcam dan Men
Leisure
Berikut 10 Jenis Sambal Khas Indonesia Bikin Makan Nambah Terus
Berikut 10 Jenis Sambal Khas Indonesia Bikin Makan Nambah Terus
Khawatir Dampak Corona, Wisatawan China Batal ke Istana
Ini Dampak Virus Corona bagi Wisatawan Bintan
Viral
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Posko Darurat Asap PKS Riau, Dari Over Kapasitas Hingga
Warga Besitang Meninggal Dalam Kamar Hotel Budi Baru, D
Kriminal
Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Sabu Yang Ditangkap 2 Pekan Lalu
Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Sabu Yang Ditangkap 2 Pekan Lalu
Bertarung Dengan Sengit, Akhirnya Penjambret Warga Tara
Warga Kompak, Tangkap Pelaku Pencurian Sapi di Senama N
Hoax or Not
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sumbar dan Sumsel,
Soal Penelantaran Kakek Bernama Abdul Jalil di Medan, I
Lifestyle
Ansar: Rumah Rehabilitasi Jadi Solusi Para Pecandu Narkoba
Ansar: Rumah Rehabilitasi Jadi Solusi Para Pecandu Narkoba
“Malaikat” yang Tak Pernah Kami Jumpa
Bupati Alfedri: Gedung Puskesmas Baru, Pelayanan Keseha